Minggu, 11 Desember 2011

Nikon, adalah perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang, yang khususkan dalam optik dan pencitraan. Produknya termasuk kamera, teropong, mikroskop, instrumen pengukuran, dan steppers merupakan produsen terbesar di dunia. Diantara produknya ada lensa Nikkor pencitraan (untuk F-mount kamera, fotografi format besar, enlargers fotografi, dan aplikasi lainnya), Nikon F-135 seri kamera film SLR, Nikon D-seri kamera digital SLR, seri Coolpix kamera digital, dan seri Nikonos dari kamera film bawah air.
Didirikan pada 25 Juli 1917 sebagai Nippon Kogaku Kogyo Kabushikigaisha "Jepang Optical Industries Co, Ltd", perusahaan ini berganti nama Nikon Corporation, pada tahun 1988. Nikon adalah salah satu perusahaan dari Grup Mitsubishi. Nama Nikon adalah penggabungan dari Nippon Kogaku.
Nikon Corporation didirikan ketika tiga produsen terkemuka optik bergabung untuk membentuk sebuah perusahaan, komprehensif optik terintegrasi yang dikenal sebagai Nippon Kogaku KK Tōkyō. Selama enam puluh tahun berikutnya, perusahaan ini tumbuh menjadi produsen lensa optik dan peralatan yang digunakan dalam kamera, teropong, mikroskop dan peralatan inspeksi.
Selama hampir tiga puluh tahun, F-seri Nikon SLR merupakan kamera yang paling banyak digunakan―format kecil kalangan fotografer profesional. Nikon dipopulerkan banyak fitur fotografi profesional SLR, seperti sistem kamera modular dengan lensa yang dapat saling tukar, viewfinder, drivemotor, dan punggung data, cahaya metering terintegrasi dan indeks lensa, flashguns strobo elektronik, kontrol shutter elektronik.
Setelah 1990-an Nikon merilis SLR Nikon D menggunakan sensor cahaya APS-C berukuran hanya 2/3 ukuran sebuah frame film, 35 mm. D1 merupakan salah satu kamera digital pertama yang memiliki kualitas gambar yang cukup dan harganya cukup rendah untuk beberapa profesional (terutama jurnalis foto dan fotografer olahraga).
Sejak itu modus video telah dikenalkan kamera DSLR Nikon termasuk D3S Nikon, Nikon D7000, dan Nikon D3100. Selanjutnya Nikon memperkenalkan D90 pada tahun 2008 yang merupakan kamera SLR pertama berkapasitas HD video.
Perubahan manajemen Nikon pada tahun 2005 menghasilkan desain dan produk kamera baru seperti bingkai penuh Nikon D3 pada akhir 2007 dan Nikon D700 beberapa bulan kemudian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar